Review Filsafat Sebagai Ilmu Kritis

Senin, 02 Januari 2012


Filsafat sebagai Ilmu Kritis

by Franz Magnis-Suseno

Kanisius 1991

Mahatma: saya menerima buku ini karena pemiliknya gak bisa memanfaatkan lebih lanjut. maksudnya, dia beli ketika harus ambil kuliah S2 dan setelah itu dia seperti mau membuang buku ini ke siapa pun yang mau.
dan saya adalah yang mau menerimanya, gratis zonder bayar! saya naksir apa saja tulisan dari pater magnis [juga para pengajar di driyarkara], termasuk kumpulan esai yang dihimpun dalam buku ini. yang paling mengesankan darinya adalah tulisan tentang modernitas. bagaimana spirit itu muncul di barat, dihubungkan dengan penemuan kompas, mesiu, peta, buku cetak dsb. uraiannya sederhana, tidak rumit, tapi kena. ia seperti hendak mengartikulasikan ucapan saya sendiri.

buku ini sekarang langka. di beberapa toko di yogya sudah tidak terdapat lagi. hal yang saya ketahui ketika saya menganjurkan teman membelinya, ternyata di mana-mana nggak tersedia. mungkin kanisius terketuk untuk mencetak ulang?

0 komentar: